• Home
  • |
  • Ukuran Kertas F4 di Percetakan

September 20, 2022

Ukuran Kertas F4 di Percetakan

Kertas memiliki beberapa ukuran yang biasanya disesuaikan dengan penggunaannya. Di Indonesia sendiri, ada beberapa ukuran kertas yang cukup populer sehingga yang digunakan jasa cetak buku murah salah satunya yaitu kertas F4 atau kertas folio.

 

Fungsi dan Fakta dari Kertas F4 di Percetakan

Dalam dunia percetakan bahkan pendidikan, kertas F4 biasa digunakan untuk membuat laporan. Selain itu, ukuran kertas tersebut dipakai sebagai lembar kerja dan formulir seperti form pendaftaran dan lainnya.

Pada intinya, ukuran kertas folio banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Bisa disimpulkan bahwa aktivitas sehari-hari tidak bisa terlepas dari kertas satu ini.

Selain memiliki banyak kegunaan, ada fakta unik mengenai kertas F4 atau folio ini. Jenis kertas ini hanya populer di negara-negara Asia Tenggara saja. Indonesia merupakan yang paling banyak menggunakannya.

Ukuran Kertas F4 di Percetakan

Mengenal Ukuran Kertas F4

Pada dasarnya, ada beberapa jenis ukuran kertas F4 yang sering digunakan di cetak buku murah. Berikut penjelasannya:

1. Kertas F4 Ukuran Normal

Ada beberapa orang yang kadang bingung membedakan antara kertas F4 dengan A4. Meski namanya hampir sama, namun nyatanya ukuran dari dua kertas ini sangat berbeda.

Ukuran F4 lebih besar, artinya lebih tinggi dan lebar jika dibanding A4. Itulah salah satu alasan kenapa ini lebih sering digunakan untuk menulis suatu tulisan yang membutuhkan ruang kosong dalam satu lembarnya.

2. Ukuran Kertas F4 Dalam Berbagai Satuan

Dalam satuan milimeter, kertas F4 memiliki ukuran 210 mm x 330 mm. Dalam centimeter, kertas F4 berdimensi 21 cm x 33 cm. Kemudian dalam satuan inci, kertas ini berukuran 8,27 in x 13 in. Dengan mengetahui ukuran ini, Anda tidak perlu bingung jika di format komputer tidak mencantumkan nama F4. Anda tetap bisa melihatnya dari ukuran per satuannya.

 

Setelah mengetahui ukuran dari jenis kertas di jasa cetak buk, tentu Anda bisa membandingkan dengan ukuran kertas lainnya, karena salah satu keunggulan kertas F4 yaitu di ukurannya yang lebih lebar dan tinggi.

Maka jika Anda mencetak buku dengan menggunakan ukuran ini, tentu kertas yang dibutuhkan akan lebih sedikit, karena dalam satu lembar saja sudah bisa memuat lebih banyak kalimat jika dibanding mencetaknya dalam ukuran A4 misal.

Related Posts

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

Cara Download Inshot Pro Mod APK Termudah

Cara Download Inshot Pro Mod APK Termudah

admin1


Your Signature