• Home
  • |
  • Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

July 1, 2022

Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

Tips menyimpan daging qurban pada masa perayaan idul adha sangat banyak dicari, karena biasanya kamu akan mendapatkan banyak sekali daging qurban yang kamu sendiri juga tidak tahu akan dibuat apa daging qurban yang kamu dapatkan itu.

Rasanya tidak mungkin juga jika kamu memasak semua daging qurban yang kamu dapatkan. Untuk menyimpannya juga pasti kamu memerlukan beberapa panduan supaya daging qurban yang kamu dapatkan tetap segar.

Untuk memecah masalah ini, kamu dapat membaca artikel ini sampai habis. Karena artikel ini akan membahas mengenai tips menyimpan daging qurban. Silahkan disimak ya!

 

Mengolah Daging Qurban dengan Benar

mengolah daging qurban

Pada masa perayaan idul adha umumnya pengolahan yang benar yaitu dengan langsung memasak daging qurban yang ada. Karena memang dalam tata cara mengolah yang ada pun menyatakan bahwa hal pertama dalam melakukan pengolahan daging qurban adalah dengan memasaknya dengan benar dan matang.

Untuk memasak dan memastikan daging tersebut benar benar matang kamu dapat menggunakan vacuum frying, karena dengan menggunakan bantuan mesin apa yang kamu masak akan lebih terjamin kematangannya. Dengan memasak daging qurban sampai matang, kamu juga telah membunuh bibit penyakit yang ada didalam daging qurban.

Jika kamu memutuskan daging qurbanmu untuk disimpan, pastikan kamu menyimpannya dengan benar. Kamu juga dapat melapisi daging qurbanmu menggunakan vacuum sealer terlebih dahulu, supaya daging qurbanmu lebih aman.

 

Tips Menyimpan Daging Qurban

tips menyimpan daging qurban

Tempat terbaik untuk melakukan penyimpanan daging qurban tentu saja di mesin pendingin atau kulkas, namun cara penyimpanannya juga tidak bisa sembarangan jika kamu ingin daging yang kamu simpan tetap segar. Berikut merupakan tips menyimpan daging qurban :

1. Jangan Cuci Daging Segar

Dengan mencuci daging terlebih dahulu sebelum disimpan itu tidak akan membuat daging jadi lebih segar melainkan hal itu dapat menambahkan kandungan air yang ada pada daging tersebut. Dengan begitu daging yang kamu simpan akan memiliki kandungan air yang berlebih, dan hal itu akan membuat dagingmu lebih cepat mengalami freezer burn.

Yang mana freezer burn merupakan kondisi Ketika makanan rusak karena udara. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu tidak mencuci terlebih dahulu daging yang kamu dapatkan. Untuk membersihkan kotoran yang ada kamu cukup menggunakan lap kering atau tisu dapur dengan cara menekankan ke seluruh bagian daging

2. Potong Kecil atau Giling Daging

Tips yang selanjutnya adalah memotong atau menggiling daging terlebih dahulu sebelum disimpan. Karena dengan memotong atau menggiling daging kamu akan lebih mudah mencairkannya saat dikeluarkan dari freezer, selain itu juga akan meminimalisir kontak daging dengan tangan yang bisa menyebabkan daging terkontaminasi penyakit.

Hal ini dapat kamu sesuaikan dengan rencanamu dalam mengolah daging yang kamu dapatkan. Jika kamu berencana untuk membuat sate, potong kecil kecil lah daging yang kamu dapat, namun jika kamu berencana untuk membuat bakso, kamu bisa mengolahnya. Pada pembuatan bakso ini kamu dapat memanfaatkan mesin pencetak bakso supaya lebih mudah dan menghemat waktu.

3. Simpan dengan Wadah Tertutup di Freezer

Hal ini akan lebih baik, karena dengan begitu bau dari daging yang disimpan tidak menyebar ke makanan lain yang kamu simpan juga di freezer. Penyimpanan daging di freezer juga merupakan hal yang baik, karena dengan temperatur yang dingin mikroorganisme pembusuk tidak akan aktif, jadi daging yang kamu simpan tidak cepat rusak.

4. Jangan Cairkan Daging

Mencairkan daging sama dengan kamu menyimpannya di suhu ruang. Hal ini tidak baik untuk kesegaran daging, karena nantinya daging akan mudah bersentuhan dengan udara luar dan bereaksi dengan bakteri. Solusinya kamu dapat memindahkan daging ke chiller terlebih dahulu supaya daging dapat mencair tanpa kehilangan suhu dingin dari freezer.

 

Penutup

Itu tadi merupakan pembahasan mengenai tips menyimpan daging qurban yang dapat juga kamu jadikan panduan saat masa perayaan idul adha tiba. Semoga kamu dapat memanfaatkan daging qurban yang kamu dapatkan dengan baik ya! Semoga bermanfaat!

Related Posts

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Lengkap dengan Limit Pengambilannya

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Lengkap dengan Limit Pengambilannya

Ukuran Kertas F4 di Percetakan

Ukuran Kertas F4 di Percetakan

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

admin1


Your Signature