• Home
  • Proses Upload Jurnal ke Database Scopus

Proses Upload Jurnal ke Database Scopus

0 comments

Mengutip dari ridwaninstite.co.id bahwa cara upload jurnal scopus yang benar ini memerlukan kesabaran. Nah dibawah ini kami paparkan bagaimana proses upload jurnal ke database scopus.

 

Proses Upload Jurnal ke Database Scopus

Proses upload jurnal ke Database Scopus merupakan langkah penting bagi peneliti dan akademisi untuk meningkatkan visibilitas karya ilmiah mereka. Scopus adalah salah satu database terkemuka di dunia yang mencakup berbagai disiplin ilmu. Artikel ini akan membahas langkah-langkah detail tentang cara mengunggah jurnal ke Database Scopus, serta menjawab pertanyaan umum terkait proses ini.

1. Mengidentifikasi Jurnal yang Layak

Langkah pertama dalam proses upload jurnal ke Database Scopus adalah mengidentifikasi jurnal yang layak untuk diunggah. Jurnal yang sesuai harus memenuhi kriteria tertentu, termasuk relevansi dengan bidang ilmu yang dituju, kualitas isi, dan metodologi penelitian yang kuat.

2. Menyiapkan Metadata Jurnal

Setelah jurnal yang sesuai diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan metadata jurnal dengan cermat. Metadata mencakup judul jurnal, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan informasi terkait lainnya. Pastikan semua informasi ini akurat dan sesuai dengan standar Scopus.

3. Pendaftaran di Scopus Author Feedback Wizard

Scopus menyediakan alat bernama "Scopus Author Feedback Wizard" yang dapat digunakan penulis untuk memeriksa kelayakan jurnal mereka. Alat ini akan memeriksa apakah jurnal tersebut memenuhi persyaratan Scopus. Jika ada masalah, alat ini akan memberikan saran perbaikan.

4. Proses Submit dan Review

Setelah semua persiapan selesai, langkah berikutnya adalah mengunggah jurnal ke Database Scopus melalui portal yang ditentukan. Jurnal akan melewati proses review yang ketat oleh editor Scopus. Pastikan untuk mematuhi pedoman penulisan dan format yang diberikan.

FAQ Terkait Proses Upload Jurnal ke Database Scopus

Q1: Berapa lama proses review di Scopus biasanya berlangsung? A1: Waktu proses review di Scopus bervariasi, tetapi biasanya memakan waktu beberapa bulan hingga satu tahun, tergantung pada banyak faktor seperti disiplin ilmu dan jumlah pengajuan.

Q2: Apakah ada biaya yang terkait dengan mengunggah jurnal ke Scopus? A2: Ya, ada biaya yang terkait dengan proses upload jurnal ke Scopus. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kebijakan penerbit dan proses yang ditempuh.

Q3: Apa yang harus dilakukan jika jurnal ditolak oleh Scopus? A3: Jika jurnal ditolak, penulis sebaiknya memeriksa feedback dari Scopus Author Feedback Wizard dan melakukan perbaikan yang diperlukan sebelum mengajukan ulang.

 

Kesimpulan

Proses upload jurnal ke Database Scopus adalah langkah yang penting dalam memperluas jangkauan penelitian dan meningkatkan pengakuan dalam dunia ilmiah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dan mematuhi pedoman yang berlaku, penulis dapat meningkatkan peluang jurnal mereka diterbitkan di Scopus. Ingatlah untuk selalu memeriksa pedoman terbaru dari Scopus dan memastikan bahwa metadata jurnal selalu diperbarui.

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah yang diperlukan dalam proses upload jurnal ke Database Scopus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para peneliti dan akademisi yang ingin meningkatkan visibilitas karya ilmiah mereka melalui Scopus.

About the Author

Follow me


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}