• Home
  • Penerjemah Bahasa Mandarin

Penerjemah Bahasa Mandarin

0 comments

Ada peribahasa lama yang mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”. Mungkin hampir dari kita tidak asing lagi dengan peribahasa tersebut. Kalimat tersebut dari dulu banyak termuat di buku-buku, baik buku pelajaran maupun buku umum lainnya. Bahkan guru sewaktu Sekolah Dasar juga sering mengatakan kalimat tersebut, seolah peribahasa tersebut menjadi sebuah hal yang penting untuk disampaikan.

Banyak makna yang tersimpan dalam peribahasa diatas, sebagian memaknai bahwa pendidikan itu sesuatu yang sangat penting untuk dicapai. Walaupun harus sampai ke Negara China yang letaknya jauh dari negara Kita Indonesia.

Pendidikan dewasa ini memang menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan, sampai pemerintah saja mewajibkan masyarakatnya menempuh pendidikan 9 tahun belajar. Maju tidaknya suatu negara memang bisa diukur dari tingkat pendidikan sumber daya manusianya, mungkin hal demikian yang mendasari keharusan untuk belajar hingga sampai ke tingkat yang tinggi.

Bahkan sekarang sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi, tentunya hal tersebut berbeda dengan indonesia sebelum order baru dan jauh sebelum itu rakyat Indonesia hanya sebagian saja yang dapat mengenyam pendidikan.

Peribahasa yang mengatakan demikian diatas rasanya seolah menjadi kenyataan, China sekarang menjadi tujuan pendidikan. Banyak anak muda bangsa yang menempuh pendidikan di negara tersebut.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya warga indonesia yang mengurus legalisasi dan terjemahan dokumen untuk diterjemahkan kedalam bahasa mandarin di biro jasa penerjemah. Intensitas pengajuan dokumen untuk persyaratan pendidikan di china beberapa tahun terahir tidak sedikit, banyak dari mereka yang melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi atau universitas di negara china. Data tersebut dilihat dari sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang terjemahan dan legalisasi dokumen, yaitu JITS Jasa Penerjemah Tersumpah.

Tidak dapat dipungkiri memang sekarang China sudah menjelma menjadi negara top dunia, bisa kita lihat teknologi yang dikembangkan negara tersebut sudah maju. Bahkan negara-negara luar banyak yang menggunakan alat dari china seperti alat transportasi, alat pembangunan dan sebagainya.

Banyak yang harus kita contoh dari negara china, meskipun mereka mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak bukan berarti menjadi sebuah kendala besar. Justru hal demikian dapat menjadikan peluang untuk warga negaranya bekerja diluar negeri karena kemajuan negaranya. Contohnya saja di Indonesia tidak jarang kita temui warga kebangsaan china yang bekerja di Indonesia.

About the Author

Follow me


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}