• Home
  • |
  • Peluang Usaha Abon Ayam Penting Sekali Diperhatikan

April 13, 2022

Peluang Usaha Abon Ayam Penting Sekali Diperhatikan

Kalian pasti sudah tidak asing dengan abon. Yaitu makanan yang terbuat dari daging ayam / daging sapi yang di suwir menggunakan mesin suwir daging sapi / daging ayam kemudian diberi bumbu khusus dan dimasak hingga kadar airnya sedikit. 

Cita rasa khas dari makanan ini adalah manis, meskipun manis namun apabila dikonsumsi dengan sambal rasanya tetap nikmat apalagi jika memakainya menggunakan nasi yang panas. Hingga saat ini abon masih menjadi makanan favorit karena rasanya yang enak dan juga penyimpananya tahan lama.

Dari jaman dulu hingga sekarang abon tidak pernah sepi peminatnya. Dengan itu peluang usaha bisnis abon sangat terbuka lebar. Ketika sobat sekalian akan membuka sebuah usaha, maka 1 hal yang perlu anda perhatikan yaitu analisa peluang usaha atau disebut juga dengan bussines plan meliputi tahap perencanaan usaha hingga pemasaran dan juga keuntungan. 

Dengan analisa kita tau apa saja yang kita butuhkan ketika akan menjalankan bisnis tersebut dan juga berapa banyak keuntungan yang diperoleh melalui bisnis tersebut. Nah berikut ini adalah peluang usaha abon ayam 

Peluang Usaha Abon Ayam 

Peluang Usaha Abon Ayam

1. Pengetahuan

Pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan mengenai resep dan teknik pengolahan abon yang baik dan benar. Anda harus berinovasi untuk terus mengembangkan resep-resep yang ada sehingga terciptalah citarasa abon yang khas dan tidak dimiliki oleh pengusaha abon lainya. 

Dengan itu, maka abon buatan anda akan mempunyai posisi tersendiri bagi konsumen. 

2. Bahan Baku 

Setelah mengetahui resep dan juga teknik pengolahannya maka selanjutnya adalah sobat harus memikirkan bahan baku. Mulai dari sekarang carilah relasi sebanyak mungkin mengenai supplier ayam yang bagus dan berkualitas. 

Anda tidak bisa asal-asalan memilih bahan baku. Kualitas ayam akan mempengaruhi hasil akhir dan juga rasa. Jika anda ingin memperoleh kualitas dan rasa yang premium anda juga harus mendapatkan bahan baku ayam segar yang high quality juga. 

3. Peralatan

Setelah anda mengetahui resp, cara membuat, teknik pembuatan dan juga bahan baku maka hal selanjutnya adalah menentukan peralatan dan juga mesin apa saja yang harus dibutuhkan. 

Seperti baskom, wajan, kompor, panci, pisau, telenan, timbangan, hingga mesin suwir daging sapi / ayam. Mesin merupakan peralatan utama penunjang bisnis anda. Dengan menggunakan mesin pengolah abon akan menjadi lebih cepat, mudah, praktis dan juga efisien. 

Sobat bisa menemukan mesin pembuat abon di rumah mesin. Rumah mesin menyediakan mesin-mesin yang akan membantu anda dalam mengolah abon anda. Tidak hanya itu saja, ada puluhan mesin-mesin produksi berkualitas lainya yang dibuat dan didesain khusus sesuai dengan porsi dan kebutuhanya. 

4. Pengemasan

Perlu anda ketahui kemasan yang bagus dan menarik akan membuat pembeli tertarik untuk melihatnya dengan itu akan muncul rasa ingin membelinya. Sobat bisa menambahkan stiker yang menarik dalam kemasan tersebut. 

5. Harga dan Biaya

Hal pertama yang akan dilirik pembeli ketika akan membeli suatu barang adalah harga. Nah dengan itu anda juga harus bisa menyajikan kualitas yang sesuai harga. Biasanya 1 bungkus abon ayam dibandrol dengan harga Rp10.000. Namun jika sobat akan memberi harga lebih sobat juga harus bisa menyajikan kualitas yang lebih juga.

Jangan lupa juga untuk mengkalkulasi biaya operasionalnya yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk memproduksi abon tersebut. 

6. Konsumen 

Kelebihan dari bisnis ini adalah konsumennya yaitu mulai dari anak-anak hingga orang tua. Anda bisa mengemasnya kecil-kecil dengan harga yang ekonomis sesuai dengan kemampuan daya beli jika target konsumen anda-anda adalah anak-anak. 

7. Pemasaran 

Dalam memasarkan abon ayam ada dua pilihan. Pilihan pertama yaitu dengan cara online. Sobat bisa menawarkan abon buatan sobat melalui status WA, Instagram, Facebook, Twitter hingga menjualnya melalui Shopee atau akun jual beli online lainya. 

Pilihan kedua adalah strategi pemasaran dengan cara offline yaitu dengan cara menitipkan abon buatan sobat ke supermarket, warung atau toko makanan lainya. 

8. Omzet 

Anda harus mencatat segala biaya pemasukan dan pengeluaran dengan itu sobat tau berapa omzet yang dapat anda hasilkan dalam sebulan. Dan juga jumlah keuntungan yang dapat anda peroleh dalam sebulan penuh.

Related Posts

5 Strategi Marketing Digital dan Penjelasan Singkatnya

5 Strategi Marketing Digital dan Penjelasan Singkatnya

Kegunaan IPAL Puskesmas Ini Sering Disepelekan

Kegunaan IPAL Puskesmas Ini Sering Disepelekan

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

admin1


Your Signature