• Home
  • |
  • Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

March 29, 2022

Kenali Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Penjelasannya

Setiap karya sastra akan terus mengalami perkembangan yang mengikuti perkembangan zaman, baik itu dari segi ceritanya, segi tokoh, latar, alur, dan sebagainya. Oleh sebab itu, setiap penulis cerpen akan selalu berusaha untuk melihat apa yang terjadi saat ini agar karya sastra yang dihasilkan bisa menarik. Dengan begitu, bisa menghadirkan pembaca yang cukup banyak. 

Salah satu karya sastra yang bisa kita temukan di beberapa media, seperti koran, majalah, website, dan lain-lain adalah karya sastra cerpen. Dari beberapa pengertian cerpen yang dikutip dari berbagai macam sumber, karya sastra ini memiliki jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000, sehingga terkadang bisa diselesaikan hanya dalam waktu 1 hari saja. 

Namun, biarpun dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari, tetapi makna yang diperoleh akan kurang banyak. Hal ini disebabkan karena cerpen tersebut tidak dianalisis jauh lebih dalam. Dalam melakukan analisis cerpen, biasanya dibutuhkan unsur ekstrinsik atau unsur-unsur yang berkaitan dengan hal-hal yang ada di luar cerpen.

 

Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur karya sastra yang adanya di luar karya sastra itu sendiri. Meskipun berada di luar karya sastra, tetapi unsur ekstrinsik bisa dibilang sebagai salah satu unsur pembangun karya sastra. Dengan kata lain, unsur ekstrinsik dapat membangun karya sastra secara tidak langsung. 

Unsur ekstrinsik ini biasanya berkaitan dengan norma atau nilai-nilai yang berlaku di kehidupan masyarakat, sehingga sangat dekat dengan kehidupan setiap manusia. Bukan hanya nilai dan norma saja, unsur ekstrinsik bisa juga berupa budaya. Sudah banyak cerpen yang memiliki nilai-nilai kebudayaan, sehingga pembacanya menjadi tahu tentang budaya yang diceritakan di dalam cerpen.

Meskipun kebanyakan orang lebih mengenal unsur ekstrinsik cerpen untuk menganalisis, tetapi pada kenyataannya unsur ekstrinsik bisa dimanfaatkan untuk menulis cerpen. Unsur ekstrinsik bisa juga dijadikan sebagai cara untuk mempengaruhi karangan cerpen. 

Maka dari itu, tak sedikit juga yang mengatakan bahwa unsur ekstrinsik dalam cerpen bisa memberikan sentuhan rasa pada cerpen itu sendiri. Bahkan, bisa membuat karya sastra cerpen menjadi lebih bermakna lagi dan kita pun ketika membacanya menjadi lebih tersentuh. 

 

Unsur Ekstrinsik dalam Analisis Cerpen

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang unsur ekstrinsik yang digunakan dalam menaganalisis cerpen. 

1. Nilai-Nilai yang Ada di Dalam Cerpen

Pada umumnya, setiap cerpen yang ditulis oleh pengarang akan memiliki nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Setiap nilai itu biasanya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, tetapi ada juga nilai yang hanya membangun karya sastra cerpen. Adapun beberapa nilai yang terdapat di dalam novel seperti nilai budaya, nilai sosial, nilai kemanusiaan, hingga nilai moral. 

2. Latar Belakang Penulis

Karya sastra cerpen tidak bisa dilepaskan dari latar belakang penulis atau pengarang karena berkat latar belakang itulah, cerpen yang dibuatnya bisa menyentuh perasaan pembaca. Oleh sebab itu, ketika menganalisis cerpen, biasanya latar belakang penulis akan dianalisis juga agar bisa merasakan cerita dalam cerpen lebih dalam lagi. Latar belakang penulis, bisa berupa cerita dari orang lain, suatu peristiwa, pengalaman pribadi, atau daya imajinasi penulis itu sendiri. 

3. Keadaan Sosial atau Suatu Peristiwa

Tak sedikit penulis cerpen yang menceritakan suatu peristiwa yang cukup bersejarah, sehingga ketika selesai membacanya, akan mengetahui bahwa pernah ada peristiwa seperti itu. Sebuah cerpen yang semakin mendekati keadaan sosial, maka bisa dibilang penulis cerpen tersebut mampu menjabarkan suatu keadaan sosial dengan penuh sentuhan rasa. 

4. Kondisi Psikologi

Di dalam cerpen pasti ada tokoh dan penokohan yang di mana kedua hal tersebut tak bisa dilepaskan dari kondisi psikologi. Kondisi psikologi ini bisa juga menggambarkan penulis itu sendiri. Kondisi psikologi dalam cerpen bisa dilihat dari narasi yang dibawakan oleh penulis dan bisa juga melalui dialog-dialog antar tokoh. 

 

Jika, berbicara unsur ekstrinsik, maka pembahasannya sangatlah luas, misalnya saja cerpen bisa dikaitkan dengan nilai-nilai sosial yang ada di kehidupan masyarakat, nilai-nilai psikologi yang terdapat pada tokoh, dan sebagainya. Maka dari itu, ketika menganalisis cerpen dengan menggunakan unsur ekstrinsik, maka dibutuhkan wawasan yang cukup banyak. 

Semakin banyak wawasan yang kamu miliki, hasil analisis akan semakin bagus, sehingga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jadi, apakah kamu sudah mulai mencoba untuk menganalisis cerpen dengan unsur ekstrinsik?

Sumber: https://bintangtrainer.com

Related Posts

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Ingin Mengajak Anak Berenang? Berikut Rekomendasi Baju Renang Anak yang Bisa Dicoba

Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

Tips Menyimpan Daging Qurban Supaya Tetap Segar

Cara Membuat Sabun Lemon yang Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Sabun Lemon yang Mudah untuk Pemula

Cara Download Inshot Pro Mod APK Termudah

Cara Download Inshot Pro Mod APK Termudah

admin1


Your Signature