• Home
  • |
  • Jenis-Jenis Minyak Atsiri dan Khasiatnya

November 9, 2022

Jenis-Jenis Minyak Atsiri dan Khasiatnya

Minyak atsiri atau yang biasanya dikenal juga dengan minyak esensial ialah minyak yang sering kali dibuat sebagai aroma terapi karena mempunyai aroma yang sangat wangi. Jenis-jenis minyak atsiri ada beragam, untuk setiap jenisnya pun memiliki aroma yang khas.

Minyak atsiri dihasilkan dari beragam jenis tumbuhan, dan setiap jenis tumbuhan pun akan menghasilkan aroma yang berbeda-beda. Tidak hanya sebagai aroma yang terapi yang baik untuk kesehatan, minyak atsiri juga digunakan sebagai minyak wangi yang alami.

Hadir dengan aroma beragam, minyak atsiri ini berbentuk cairan kental yang mudah menguap. Minyak ini ialah hasil dari penyulingan suatu tanaman dan juga bisa didapatkan dari buah-buahan.

Aroma yang ditimbulkan dari minyak atsiri ini diyakini dapat memberikan dampak psikologis, seperti dapat membuat orang yang menghirupnya merasa lebih tenang. Bukan hanya itu, minyak atsiri juga sering dipakai dalam kegiatan spiritual.

 

Jenis-Jenis Minyak Atsiri

jenis-jenis-minyak-atsiri

Diketahui ada beragam jenis minyak atsiri yang sering dipakai oleh orang-orang. Diantaranya ada 12 jenis jenis minyak atsiri yang mudah ditemukan :

1. Minyak Atsiri dari Lemon

Minyak atsiri dari lemon ini dihasilkan dari ekstraksi kulit lemon yang tidak hanya dipakai sebagai pengharum ruangan, tapi juga bisa dioleskan ke kulit. Manfaat lainnya dari minyak atsiri lemon ini ialah dapat mengurangi depresi dan kecemasan, meringankan rasa mual, mengurangi rasa sakit, serta dapat membunuh bakteri.

2. Minyak Atsiri dari Bunga Lavender

Minyak atsiri dari bunga lavender merupakan minyak atsiri yang paling sering dipakai. Sering kali dipercaya menjadi aroma terapi yang bisa membantu mengatasi stress, insimnia, dan juga nyeri otot.

3. Minyak Atsiri dari Bunga Kenanga

Dengan menghirup aroma terapi dari minyak atsiri ini dipercaya dapat mengurangi depresi dan stress karena memiliki kandungan antidepresan.

4. Minyak Atsiri dari Peppermint

Minyak atsiri yang dihasilkan dari daun peppermint ini diyakini dapat mengatasi gangguan pada pencernaan. Bukan hanya itu, manfaat lain dari minyak peppermint ini juga dapat mengatasi nyeri otot, demam, hingga sinus. Akan tetapi, pada penggunaan minyak peppermint ini tidak dianjurkan pada anak diusia kurang dari 5 tahun.

5. Minyak Atsiri dari Adas

Tanaman adas yang dibuat menjadi minyak atsiri diyakini dapat membantu menurunkan berat badan lho! Hal tersebut dikarenakan aroma dari minyak ini yang diyakini akan mengurangi nafsu makan. Tidak hanya itu, minyak ini pun dapat menghilangkan jamur pada kulit jika dioleskannya ke tubuh.

6. Minyak Atsiri dari Kunyit

Bagi penderita rematik dan arthritis, minyak atsiri dari kunyit ini dapat dimanfaatkan dengan mengoleskannya kepada bagian tubuh yang terasa sakit. Bukan hanya itu, minyak ini pun dapat dijadikan aroma terapi yang akan menimbulkan efek lebih tenang dan hangat saat menghirupnya.

7. Minyak Atsiri dari Jahe

Manfaat yang ditimbulkan dari minyak atsiri jahe ini dapat meningkatkan kekuatan imun kamu, dapat pula mengatasi masalah diare dan juga mengatasi radang sendi.

8. Minyak Atsiri dari Pohon Kayu Manis

Meningkatkan tekanan darah, serta mengurangi kembung merupakan manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan minyak atsiri pohon kayu manis.

9. Minyak Atsiri Serai

Dengan mengoleskan minyak atsiri serai pada tubuh yang sedang sakit dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Selain itu, minyak atsiri serai ini juga dapat dipakai untuk mengatasi radang pada kulit. Akan tetapi, penggunaan minyak ini tidak dianjurkan untuk anak diusia 2 tahun ke bawah.

10. Minyak Atsiri dari Lada Hitam

Bagi kamu perokok aktif yang ingin berhenti merokok, bisa memanfaatkan khasiat dari minyak atsiri lada hitam, yang sangat baik untuk terapi berhenti merokok. Tidak hanya itu, minyak atsiri dari lada hitam ini juga dapat dipakai untuk melancarkan peredaran darah serta mengurangi rasa mual.

11. Minyak Atsiri dari Nilam

Daun nilam yang dibuat menjadi minyak atsiri ini memiliki manfaat yang mampu mengatasi radang kulit, mengobati bekas luka, kulit kering, hingga ruam. Hanya dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang bermasalah.

12. Minyak Atsiri dari Kayu Putih

Minyak atsiri yang dihasilkan dari tanaman kayu putih ini diyakini dapat mengurangi rasa kantuk serta meningkatkan konsentrasi. Minyak atsiri kayu putih juga mampu membantu mengatasi masalah pernapasan serta mengeluarkan lendir dari dalam tubuh.

 

Diketahui untuk membuat minyak atsiri ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan akhir-akhir ini sering kali banyak orang yang memanfaatkan khasiat dari minyak atsiri yang kemudian dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Untuk membantu kamu dalam memproduksi minyak atsiri, kamu akan membutuhkan mesin penyulingan minyak atsiri dan alat destilasi minyak atsiri.

Related Posts

Rekomendasi Meja Furniture Kantor Harga Bersahabat

Rekomendasi Meja Furniture Kantor Harga Bersahabat

Cara Menjual Rumah Secara Online

Cara Menjual Rumah Secara Online

admin1


Your Signature