• Home
  • |
  • Inilah Cara Membuat Keripik Pisang Original yang Bisa Dijadikan Bisnis

September 9, 2022

Inilah Cara Membuat Keripik Pisang Original yang Bisa Dijadikan Bisnis

Cara membuat keripik pisang original tentu sangat mudah, asal kamu juga sudah mengetahui dan paham dari tips tips pembuatannya. Pada dasarnya segala jenis keripik harus bisa dimasak sesuai dengan karakteristik dari buah yang akan dibuat keripik. Selain itu kamu juga bisa mengenali kadar air yang ada didalam buah tersebut.

Pembuatan keripik umumnya dilakukan dengan bantuan penggorengan hampa udara, karena dengan begitu maka keripik yang dibuat bisa renyah. Terlebih lagi buah seperti pisang umumnya memiliki kadar air yang tinggi. Pemasaran keripik tergolong lancar dan berkembang. Keripik banyak dipasarkan karena memiliki rasa yang gurih dan bisa dibuat untuk camilan sehari hari.

Jika kamu tidak tau bagaimana cara membuat keripik pisang original atau keripik pisang yang memiliki rasa. Kamu bisa terus menyimak artikel ini sampai habis ya. Silahkan disimak!

 

Keripik Pisang Original

keripik pisang original

Sesuai dengan namanya, olahan keripik kali ini berasal dari buah pisang yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan bahan pendukung lainnya. Disini keripik pisang diberi kalimat original karena pada zaman sekarang semuanya bisa diberi rasa rasa baru. Seperti halnya keripik pisang balado atau yang lainnya.

Pisang merupakan buah yang tumbuh di suatu tumbuhan dengan ukuran besar, dan memiliki daun yang besar pula. Kandungan yang ada pada pisang umumnya bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh pengonsumsinya. Pengonsumsian jenis lain dari pisang bisa beragam. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, digoreng, dikukus, atau juga dijadikan keripik seperti apa yang akan kita bahas.

 

Cara Membuat Keripik Pisang Original

cara membuat keripik pisang original

Persis seperti apa yang tadi sudah diberitahukan diatas, keripik pisang original ini memang dibuat dengan sangat original dan tidak menggunakan bahan perasa lainnya. Jadi rasa yang ditawarkan benar benar pisang. Mungkin yang membedakan hanya sensasi makannya. Berikut ini adalah cara membuat keripik pisang originalnya.

Bahan Bahan :

  • 1 sisir pisang kepok hijau
  • 1 sdt kapur yang sudah direndam air
  • Garam halus secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

  1. Karena pisang merupakan buah jadi cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengupas semua pisang dari kulitnya. Jika sudah kamu bisa mulai mengiris pisang sesuai dengan selera, usahakan pisang diiris dengan tipis. Iris semua pisang yang sudah disiapkan.
  2. Setelah semua pisang sudah teriris rendam pisang menggunakan air kapur sirih selama 1 jam untuk menghilangkan getah getah yang ada pada pisang. Jika sudah 1 jam kamu bisa langsung mengangkatnya dan kembali dicuci dengan air bersih.
  3. Selanjutnya taburi pisang pisang tadi dengan menggunakan garam halus sampai semuanya terkena dan rata. Lalu diamkan pisang bersama garam halus supaya meresap selama 10 menit.
  4. Langkah yang terakhir adalah penggorengan, kamu bisa menggoreng pisang dengan menggunakan minyak yang sudah dipanaskan. Usahakan pisang yang kamu siapkan bisa tenggelam dalam minyak. Goreng sampai matang atau setidaknya pisang telah berubah warna menjadi sedikit kecoklatan.
  5. Jika sudah, angkat pisang dan tiriskan minyak yang ada. Untuk mempercepat kamu bisa menggunakan bantuan mesin peniris minyak. Setelah sudah tiris maka keripik pisang original siap untuk dinikmati.

Pembuatan keripik pisang original ini bisa disesuaikan dengan banyaknya pisang yang akan kamu olah. Selain itu kamu juga bisa membuat keripik pisang original untuk dijual atau dipasarkan. Untuk menghasilkan keripik pisang original yang benar benar gurih kamu juga bisa menggunakan spinner minyak dalam pembuatannya. Supaya pisang bisa matang merata.

 

Penutup

Dalam membuat keripik hal yang harus kamu perhatikan adalah saat penggorengan. Kamu tidak bisa menggorengnya terlalu sebentar tapi kamu juga tidak bisa menggorengnya terlalu lama karena nantinya kandungan yang ada pada buah tersebut bisa hilang. Maka dari itu pada tahap penggorengan harus diperhatikan atau bisa juga menggunakan spinner minyak tadi.

Mungkin itu saja informasi mengenai cara membuat keripik pisang original yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Related Posts

Cara Membuat Rujak Cireng Rumahan

Cara Membuat Rujak Cireng Rumahan

Beberapa Hal Seputar Kacang Mede Balado

Beberapa Hal Seputar Kacang Mede Balado

Cara Bikin Getuk Singkong Enak Empuk dan Nikmat

Cara Bikin Getuk Singkong Enak Empuk dan Nikmat

Menu Masakan Berbahan Daging Sapi yang Enak dan Lezat

Menu Masakan Berbahan Daging Sapi yang Enak dan Lezat

admin1


Your Signature