• Home
  • |
  • Ini Dia Tips Agar Fasih Berbicara Bahasa Inggris

April 19, 2022

Ini Dia Tips Agar Fasih Berbicara Bahasa Inggris

Ketika kita masih menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA, terkadang merasa bangga pada saat guru bahasa Inggris sudah fasih dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Rasa kagum terkadang membuat diri kita merasa, “kapan ya bisa fasih dalam berbahasa Inggris?”. 

Munculnya rasa keinginan itu, sangat wajar apalagi saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah digunakan di banyak negara. Bahkan, bahasa Inggris pada beberapa negara sudah dijadikan sebagai bahasa kedua. Oleh sebab itu, tak jarang, kalau sudah banyak orang yang berkeinginan untuk fasih dalam berbahasa Inggris. 

Untuk fasih dalam berbahasa Inggris ini bisa dibilang gampang-gampang susah, sehingga dibutuhkan keuletan agar tidak menyerah ketika berlatih berbicara menggunakan bahasa Inggris. Fasih berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris ini memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya adalah memiliki peluang kerja yang lebih luas. 

Siapa yang tidak ingin fasih dalam berbahasa Inggris, rasanya hampir setiap orang berkeinginan untuk bisa menggunakan bahasa Inggris terutama dalam dunia kerja. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah menunda-nunda untuk terbiasa berbicara menggunakan berbicara bahasa Inggris. 

Tips Berbicara dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya, setiap orang cara masing-masing untuk fasih dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang tips agar fasih dalam berbahasa Inggris. 

1. Perbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar fasih dalam berbahasa Inggris adalah perbanyak kosakata bahasa Inggris. Semakin kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki, maka semakin mudah kamu dalam merangkai sebuah kalimat. 

Kemudian, dari kalimat-kalimat itulah, kamu bisa memulai untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kalimat-kalimat itu, kamu akan mengetahui, cara menyampaikan hal-hal di masa lalu, masa sekarang, masa depan, hingga menyampaikan niat atau keinginan atau expressing intention.

Untuk memperoleh kosakata yang banyak ini bisa melalui media apa saja, seperti buku, artikel (bahasa Inggris), youtube, film, dan masih banyak lagi. Jadi, apakah kamu sudah mulai membiasakan diri untuk menambah kosakata bahasa Inggris?

2. Jangan Terpaku dengan Grammar

Dalam bahasa Inggris, grammar ini memang sangat dibutuhkan, tetapi dalam melakukan pembicaraan dalam bahasa Inggris tidak selamanya harus terpaku dengan grammar. Terlebih lagi, bagi para pemula, grammar hanya membuat seseorang kesulitan dalam berbahasa Inggris. Bahkan, bagi sebagian orang bisa menurunkan rasa percaya dirinya. 

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin terbiasa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi, maka jangan terlalu fokus dalam penyusunan kalimatnya. Sederhananya, gunakan bahasa Inggris yang ringan-ringan dulu saja agar perlahan-lahan mulai terbiasa menggunakan bahasa Inggris. 

3. Ubah Pola Pikir

Langkah ketiga supaya fasih dalam berbahasa Inggris adalah ubah pola pikir. Dalam hal ini, yang dimaksud ubah pola pikir yaitu hilangkan kalau pikiran kalau kamu sedang belajar bahasa Inggris. Dengan melakukan hal ini, rasa percaya diri untuk menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi akan meningkat. 

4. Jangan Terlalu Sering Menerjemahkan 

Bagi para pemula, mungkin saja menerjemahkan kalimat bahasa Indonesia ke bahasa Inggris akan terlihat lebih mudah untuk berkomunikasi. Namun, pada kenyataannya, terlalu sering menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris akan mempersulit seseorang ketika ingin berkomunikasi dalam bahasa Inggris. 

Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki kosakata bahasa Inggris yang cukup banyak agar tidak terlalu fokus untuk menerjemahkan suatu kalimat. Dengan melakukan hal ini, akan lebih fokus untuk berkomunikasi bukan membuat kalimat. 

5. Terus Berlatih Berbicara Bahasa Inggris

Langkah kelima atau langkah terakhir agar fasih dalam berbahasa Inggris adalah terus berlatih berbicara bahasa Inggris. Semakin sering berlatih, maka kita akan terbiasa untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

Meskipun, kedepannya sudah fasih dalam bahasa Inggris, sebaiknya gunakan bahasa Inggris dengan bijak. Dengan kata lain, gunakan bahasa Inggris pada waktu-waktu yang memang pantas untuk digunakan. 

Selain itu, jika sudah fasih dalam berbicara bahasa Inggris, jangan digunakan untuk pamer. Lebih baik lagi, kalau ilmu bahasa Inggris yang sudah dimiliki, dituangkan atau disampaikan kepada orang-orang yang belum bisa. Sederhana, mengajarkan orang lain agar lebih mudah dalam berbahasa Inggris. 

 

Demikian, pembahasan tentang tips untuk berbicara bahasa Inggris, semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu di kemudian hari.

Sumber: bintangtrainer.com

Related Posts

Penjelasan Biaya Camp di Kampung Inggris Pare

Penjelasan Biaya Camp di Kampung Inggris Pare

admin1


Your Signature