• Home
  • |
  • Ini Dia Cara Membuat Gula Semut dari Aren dengan Tradisional

August 18, 2022

Ini Dia Cara Membuat Gula Semut dari Aren dengan Tradisional

Cara membuat gula semut dari aren bisa dilakukan dengan tahapan pada cara pembuatan yang sesuai. Karena umumnya gula semut telah banyak dibahas jadi cara pembutannya pun bisa kamu cari, baik di media online atau di buku fisiknya. Dengan begitu maka kamu bisa lebih mudah dan tentunya merasa terbantu karena adanya cara pembuatan tadi.

Dalam pembuatannya tentu ada beberapa hal yang harus benar benar diperhatikan, karena setiap pembuatan sesuatu jika kamu melakukannya secara asal maka akan kurang atau bahkan tidak maksimal. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus mengetahui lebih dalam mengenai cara membuat gula semutnya.

Jika kamu ingin tau cara membuat gula semut dari aren, kamu bisa terus menyimak artikel ini. Karena disini saya akan membagikan carannya. Silahkan disimak ya!

 

Gula Semut

gula semut

Pengertian yang diberikan untuk gula semut ini tentu saja bukan merupakan gula yang dikerubungi atau bahkan dibuat dari semut. Namun gula semut ini umumnya merupakan gula merah bubuk yang selain disebut dengan gula semut juga disebut gula kristal. Pada pembuatannya kamu memerlukan nira, yang mana bisa didapatkan dari pohon kelapa dan pohon aren.

Untuk membuatnya, kamu memerlukan beberapa tahapan yang bisa dibilang rumit. Namun untuk mengatasi kerumitan itu kamu bisa menggunakan bantuan mesin gula semut yang tentunya akan memudahkan pembuatan gula semut.

Nira yang tadi disebutkan itu merupakan hasil penyadapan tandan bunga jantan dari aren. Penggunaan nira ini akan sangat berpengaruh pada kualitas dari gula semut yang dibuat.

 

Manfaat Gula Semut

Gula semut merupakan suatu olahan yang baik untuk tubuh, kandungan yang didalamnya juga bisa memberikan manfaat baik untuk para pengonsumsinya. Karena gula semut juga umumnya diolah menggunakan bahan yang alami. Berikut manfaatnya :

1. Memperlancar Peredaran Darah

Gula semut yang diolah secara baik bisa membuat peredaran darah lancar, yang mana peredaran darah penting untuk keberlangsungan hidup. Karena dasar memang penting untuk membuat kinerja dari organ tubuh bisa maksimal.

2. Menjaga Kolesterol

Kolesterol akan menjadi penyakit yang berbahaya jika tidak dijaga dan diseimbangkan penggunaanya. Karena jika kolesterol naik keadaan organ tubuh tidak beraturan, sehingga bisa menjadikan penyakit komplikasi sampai bisa juga menyebabkan penyakit jantung. Dan dengan kandungan niacin yang ada pada gula semut, akan bisa menyeimbangkan kolesterol tubuh.

 

Cara Membuat Gula Semut dari Aren

cara membuat gula semut dari aren

Topik utama dari pembahasan artikel kali ini yaitu cara membuatnya, yang mana disini akan saya rangkumkan dengan jelas. Namun disini saya buatkan cara pembuatan yang tradisionalnya.

Bahan-Bahan :

  • Nira Aren
  • Kasa Kawat
  • Wajan Besar
  • Tungku

Cara Membuat :

  1. Nira aren yang sudah kamu punya tadi baiknya disadap terlebih dahulu, setelah itu baru kamu bisa mengolahnya dengan menuang nira aren yang juga dilakukan penyaringan menggunakan kasa kawat.
  2. Setelah itu kamu bisa meletakan nira aren di tungku yang panas untuk memulai proses perebusan atau pemanasan pada nira. Perebusan ini akan memakan waktu sebanyak 3 jam.
  3. Selanjutnya pada saat perebusan itu kamu juga bisa sambil mengaduknya sampai mendidih. Dan nantinya jika terlihat buih air kamu bisa langsung membuangnya.
  4. Matikan tungku setelah adonan nira tadi mengental, yang mana pada saat sudah mulai kental kamu harus lebih mengeluarkan tenaga untuk mengaduknya. Dan setelah itu kamu juga harus membersihkan buih dan kotoran yang ada. Diamkan adonan selama 10 menit.
  5. Setelah 10 menit angkat adonan nira dari tungku, kemudian mulai aduk kembali sampai terjadi pengkristalan. Yang mana untuk mempercepat proses pengkristalannya kamu bisa menggunakan bantuan mesin kristalisasi gula.
  6. Jika sudah melewati proses pengkristalan tadi kamu bisa mulai mengaduknya sampai membentuk serbuk kasar. Yang mana serbuk tadi akan menjadi gula semut.
  7. Setelah itu kamu bisa terus mengaduk dan menghaluskannya supaya bisa lebih halus lagi. Kemudian kamu bisa langsung menyaringnya supaya kadar air yang terkandung bisa seimbang dengan kandungan lainnya.
  8. Lalu masukkanlah serbuk tadi menggunakan oven untuk dikeringkan supaya bisa mengeras dan melewati proses penepungan menggunakan cobek dengan baik.
  9. Selanjutnya setelah penepungan tadi gula semut pun siap untuk disajikan.

Pembuatan gula semut ini akan bisa memberi manfaat yang lebih banyak dan tentunya baik, karena disini kamu membuat gula semut dengan bahan alami yang diolah juga dengan cara tradisional sehingga kebersihan dan pengolahannya sudah terjamin aman.

 

Penutup

Gula semut akan bisa memberi manfaat yang banyak jika kamu bisa mengolahnya dengan baik, dan disaat yang bersamaan pula kamu bisa membuka peluang usaha untuk produk gula semut ini. Cara membuat gula semut dari aren sudah dibahas begitupun dengan 2 manfaat utama yang diberikan oleh gula semut untuk pengonsumsinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Related Posts

Ini Dia Cara Membuat Gula Semut dari Aren dengan Tradisional

Ini Dia Cara Membuat Gula Semut dari Aren dengan Tradisional

admin1


Your Signature