• Home
  • Google Cendekia Dan Cara Mengoptimalkan Penggunaannya Dalam Penelitian Dan Karya Ilmiah

Google Cendekia Dan Cara Mengoptimalkan Penggunaannya Dalam Penelitian Dan Karya Ilmiah

0 comments

Google Cendekia (Google Scholar) adalah mesin pencari khusus untuk penelitian dan karya ilmiah. Google Cendekia membantu para peneliti dan akademisi dalam mencari dan mengakses artikel, buku, jurnal, tesis, dan makalah ilmiah yang terkait dengan bidang studi mereka. Artikel ini akan membahas tentang Google Cendekia dan cara mengoptimalkan penggunaannya dalam penelitian dan karya ilmiah.

Apa itu Google Cendekia?

Google Cendekia adalah layanan pencarian daring yang diperuntukkan bagi peneliti dan akademisi dalam mencari informasi ilmiah. Layanan ini dikembangkan oleh Google dan diluncurkan pada tahun 2004. Google Cendekia memungkinkan pengguna untuk mencari artikel, buku, jurnal, tesis, dan makalah ilmiah secara global.

Cara Mengoptimalkan Google Cendekia

1. Membuat Profil Pengguna

Pembuatan profil pengguna pada Google Cendekia dapat membantu memudahkan pengguna dalam mengelola artikel dan makalah ilmiah yang diakses dan disimpan. Dengan membuat profil pengguna, pengguna dapat membuat daftar artikel favorit, memperoleh update terbaru dari peneliti sejenis, dan memperoleh notifikasi jika ada artikel baru terkait dengan bidang studi mereka.

2. Menggunakan Fitur Pencarian Lanjutan

Fitur pencarian lanjutan pada Google Cendekia memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik dan terfokus. Pengguna dapat memasukkan kata kunci, penulis, tahun publikasi, atau jurnal yang ingin dicari. Fitur pencarian lanjutan juga memungkinkan pengguna untuk memfilter artikel berdasarkan ketersediaan akses gratis atau berbayar.

3. Mengakses Jurnal Ilmiah Terindeks

Google Cendekia terhubung dengan berbagai jurnal ilmiah terindeks yang terkait dengan bidang studi tertentu. Pengguna dapat mencari artikel terbitan jurnal ilmiah tertentu melalui Google Cendekia. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses artikel gratis atau berbayar tergantung pada kebijakan jurnal yang bersangkutan.

4. Memanfaatkan Fitur "Related Articles"

Fitur "Related Articles" pada Google Cendekia memungkinkan pengguna untuk menemukan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk menemukan artikel yang relevan dan menambah pemahaman mereka tentang topik tertentu.

5. Mengikuti Citation Alerts

Citation alerts adalah notifikasi yang diberikan oleh Google Cendekia ketika artikel tertentu dikutip oleh artikel lain. Pengguna dapat mengaktifkan notifikasi ini untuk mendapatkan informasi terbaru tentang kutipan yang diterima oleh artikel yang mereka buat. Hal ini dapat membantu pengguna dalam mengukur tingkat pengaruh artikel mereka dan mencari tahu siapa saja yang menggunakan artikel mereka.

Baca Juga: Google Cendekia

About the Author

Follow me


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}