• Home
  • Cara Upload Jurnal Di SINTA 3 Hanya 5 Menit Pasti Terbit

Cara Upload Jurnal Di SINTA 3 Hanya 5 Menit Pasti Terbit

0 comments

Halo sobat publikasi, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai informasi penting terkait Biaya Publikasi Jurnal SINTA.

Oke sebelum membahas cara upload jurnal di SINTA 3, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu SINTA. SINTA adalah portal ilmiah online yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan menawarkan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Bagi seorang dosen atau mahasiswa merupakan suatu kewajiban untuk melaksanakan dan mempunyai publikasi jurnal. Publikasi jurnal bertujuan untuk memberikan segala hasil pengabdian kepada masyarakat luas.

Untuk mendapatkan jumlah terbitan majalah, sebaiknya majalah tersebut tetap dikelola oleh pemerintah. Sehingga dapat mendorong dan memberikan kemajuan yang signifikan terhadap pendidikan di tanah air. Selain itu, dosen diharapkan mempublikasikan jurnal mata kuliahnya, baik jurnal nasional maupun internasional.

SINTA menjadi tujuan para dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Dengan mengirimkan jurnal ke SINTA, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa angka kredit dan membuktikan bahwa jurnal yang Anda tulis terakreditasi SINTA. Namun bagaimana cara upload jurnal ke SINTA 3? Oleh karena itu mari kita simak pembahasannya berikut ini.

 

Cara Upload Jurnal di Sinta 3

Terdapat beberapa langkah dan cara untuk mengunggah jurnal ke SINTA 3 dengan mudah. Baiklah, mari kita jelaskan beberapa tahapan dalam publikasi jurnal di SINTA 3.

  1. Mendaftar Akun SINTA
    Langkah pertama adalah mendaftar akun di SINTA. Bagi yang belum mengetahui caranya, Anda bisa menuju ke halaman SINTA, yaitu https://sinta.kemdikbud.go.id/. Kemudian, Anda akan diarahkan ke daftar pilihan registrasi yang terletak di bagian atas. Jika Anda sudah memiliki akun SINTA, silakan lanjutkan dengan masuk melalui daftar login penulis di halaman utama.
  2. Mengisi Formulir Registrasi
    Cara berikutnya untuk mengunggah jurnal ke SINTA 3 adalah dengan mengisi formulir registrasi akun. Di dalam formulir ini, Anda akan diminta untuk mengisi data seperti nama lengkap, ID di Google Scholar, nomor KTP, ID di Scopus, dan sebagainya.
  3. Memasukkan ID Google Scholar
    Tahap selanjutnya adalah proses memasukkan ID Scopus dan ID Google Scholar. Hal ini penting karena akan disinkronkan dengan kedua basis data tersebut. Pastikan Anda sudah memiliki akun di Scopus atau Google Scholar sehingga tidak ada masalah saat membuat akun di SINTA dan proses berjalan lancar.
  4. Memeriksa Kelengkapan Data
    Pastikan untuk menekan tombol registrasi setelah memastikan semua data sudah lengkap dan benar.
  5. Proses Verifikasi
    Kemudian ada proses verifikasi akhir di akun SINTA Anda. Nantinya, proses verifikasi akan dilakukan oleh tim verifikator dari halaman SINTA.
  6. Memperbarui Data Profil dan Dokumen
    Setelah akun diverifikasi, memperbarui profil data Anda. Ini berarti pengguna dapat melengkapi data pribadi dalam akun SINTA yang telah dibuat.
  7. Tahap Sinkronisasi
    langkah selanjutnya adalah tahap sinkronisasi antara akun Google Scholar dengan akun SINTA dan juga Scopus. Jika sinkronisasi sudah selesai, jurnal yang sebelumnya dipublikasikan di Google Scholar atau Scopus akan terhubung.
  8. Tahap Akreditasi
    Tahap akreditasi merupakan tahap terakhir untuk mempublikasikan jurnal di SINTA, bisa dilakukan secara individu atau oleh dosen. Anda juga dapat mengajukan akreditasi jurnal di ARJUNA, yaitu di halaman Jika nilai akreditasi berada di rentang 70 hingga 85, Anda akan mendapatkan akreditasi B hingga dapat masuk ke kategori SINTA 2 di SINTA. Jika nilai akreditasi di atas 85, maka akan mendapatkan akreditasi A dan masuk ke kategori SINTA 1.

About the Author

Follow me


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}