• Home
  • Cara Bikin CV yang Menggunakan Bahasa Inggris

Cara Bikin CV yang Menggunakan Bahasa Inggris

Cara Bikin CV Yang Menggunakan Bahasa Inggris

0 comments

CV menjadi salah satu berkas penting yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Hal ini dikarenakan lowongan pekerjaan biasanya mencantumkan CV sebagai persyaratan mendaftar. Oleh karena itulah diperlukan keterampilan mengenai cara bikin CV.

Saat ini, banyak perusahaan multinasional dan lainnya yang mulai memberlakukan CV bahasa Inggris sebagai persyaratan melamar pekerjaan. Tentunya CV bahasa Inggris sedikit berbeda dengan biasanya. Untuk itulah diperlukan tips mengenai cara bikin CV bahasa Inggris seperti berikut ini.

Cara Bikin CV Yang Menggunakan Bahasa Inggris

Perhatikanlah Tata Bahasa yang Digunakan

Cara bikin CV bahasa Inggris pertama adalah memperhatikan tata bahasa yang digunakan. Hal ini dikarenakan banyaknya pelamar membuat HRD kewalahan untuk menyeleksi. Dengan menggunakan bahasa singkat dan padat, HRD tentu dapat mereview dengan lebih mudah.

Walaupun informasi yang ingin disampaikan pada CV ada banyak, tata bahasa perlu diperhatikan. Pembuatan CV harus tetap menggunakan kalimat yang singkat, jelas dan padat. Namun, harus tetap menarik dan mudah dipahami oleh recruiter.

Gunakanlah Action Verbs

Pembuatan CV bahasa Inggris tentu harus memperhatikan penggunaan kata pada kalimatnya. Salah satu yang perlu digunakan adalah action verbs. Kata kerja ini diperlukan untuk menguraikan suatu hal berkaitan dengan aktivitas. Selain itu, penggunaannya memberikan kesan jauh lebih meyakinkan.

Action verbs digunakan pada penjelasan mengenai pencapaian, riwayat pekerjaan, maupun penghargaan yang pernah dicapai selama ini. Dengan menggunakan action verb, uraian kalimat dapat menjadi lebih menonjol sehingga terlihat menarik dan memukau.

Pastikanlah CV Mengandung Keyword Tepat

HRD hanya meluangkan sedikit waktu dalam mereview CV para kandidat, sehingga biasanya lebih memperhatikan skill yang dicantumkan. Apakah pelamar memiliki kemampuan relevan dengan perusahaan atau ada keterampilan lain? Oleh karena itulah, penulisannya harus diperhatikan.

Penggunaan mesin ATS juga membuat pelamar harus lebih hati-hati dalam penulisan CV. Cara yang paling solutif untuk mengatasi kedua permasalahan ini adalah dengan menggunakan keyword tepat. Kata kunci ini harus dapat mendeskripsikan skill dengan jelas, sebagai contoh SEO, copywriting, dll.

 

Demikian penjelasan mengenai cara bikin CV bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk melamar di perusahaan multinasional dan lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

About the Author

Follow me


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}