• Home
  • |
  • Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

July 27, 2022

Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Keripik singkong merupakan salah satu jajanan ringan yang digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua suka keripik singkong. Harganya yang terjangkau dan juga rasanya yang khas membuat keripik ini sebagai primadona dikala bersantai dengan keluarga dan teman.

Saat ini keripik singkong banyak dicari oleh konsumen, teksturnya yang renyah menjadikan daya Tarik tersendiri bagi konsumen. Seiring berkembagnya zaman kini keripik singkong banyak varian rasa yang diciptakan. Misalnya balado, keju, bahkan sekarang keripik singkong hadir dengan varian rasa yang manis seperti coklat, dan greentea.

Tingginya minat dan permintaan masyarakat akan camilan keripik singkong ini menjadikan peluang usaha yang bagus untuk dicoba. Usaha ini juga bisa dimulai dengan modal yang kecil. Bagaimana tips menjalankan usaha keripik singkong ini? mari kita bahas Bersama-sama.

 

Memulai Usaha Keripik Singkong

usaha keripik singkong

Bagaimana tips memulai usaha keripik singkong ini? Mari kita bahas bersama-sama.

A. Kelebihan Usaha Keripik Singkong

Bisnis keripik singkong  ini memiliki beberapa kelebihan, berikut ini kelebihannya :

1. Peluang usaha yang masih terbuka lebar

2. Bisa dimulai dengan modal yang kecil

3. Bahan baku yang mudah didapatkan

4. Cocok bagi pemula di bidang kuliner

B. Kendala Usaha Keripik Singkong

Diantara beberapa kelebihan tadi terdapat kendala yang dapat menghambat usaha keripik singkong ini, berikut ini kendala yang akan dihadapi :

1. Mencari singkong dengan kualitas yang baik

Carilah ciri-ciri singkong yang berkualitas baik untuk dibuat keripik. Selain itu pandai-pandai dalam menentukan supplier, pastikan kualitas singkong tetap bagus dangan haarga yang miring agar mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

2. Persaingan bisnis yang ketat

Mudahnya usaha keripik singkong menyebabkan persaingan yang ketat. Persaingan yang ketat bukanlah sebuah halangan tapi itu memicu agar kita terus berinovasi dan mempertahankan kualitas kripik singkong yang dipasarkan.

C. Persiapan usaha keripik singkong

1. Pilihlah singkong yang bagus untuk keripik

Singkong memiliki penampakan visual yang sama, tetapi ternyata terdapat banyak jenis singkong. Yang perlu dipahami adalah jenis-jenis singkong dan karakter disetiap jenisnya.

2. Persiapkan produk dengan matang

Setelah mendapatkan singkong yang baik Setelah mendapatkan singkong yang baik,kalian harus mempersiapkan produknya. Lalu keripik singkong apa yang ingin diprosuksi, misal keripik singkong balado, keripik singkong pedas, keripik singkong keju, dan rasa rasa yang lain.

Disamping itu kita juga harus memperhatikan kualitas keripik yang dipasarkan. Cara menggoreng keripik singkong sangatlah mempengaruhi kualitas keripik, dengan memasak secara baik dan benar. Akan lebih baik jika menggoreng keripik dengan sedikit minyak dan menggunakan vacuum frying. Untuk memudahkan dalam membuat keripik singkong kalian bisa menggunakan mesin keripik singkong.

3. Siapkan kemasan yang menarik

Didalam dunia usaha peribahasa “jangan lihat buku dari sampulnya” ini tidaklah berlaku, di lapangan konsumen cenderung melihat tampilan kemasan terlebih dahulu sebelum membeli. Gunakan kemasan dengan bahan yang bagus, lalu agar dapat dilirik oleh konsumen desain kemasan yang menarik agar konsumen melirik produk kalian.

4. Siapkan strategi pemasaran

Banyak cara yang bisa dipakai untuk memasarkan produk keripik singkong ini, seperti yang berikut ini,

a. Direct selling (Pemasaran secara langsung)

Direct selling dilakukan secara langsung memasarkan keripik ke keluarga dan saudara dekat disekitar rumah, lalu di tempat-tempat ramai seperti event sunmori, carfreeday, lalu kalian jug bisa menitipkan produk ke warung-warung atau took terdekat dari rumah kalian.

b. Pemasaran melalui media social

Pemasaran melalui media social sangatlah mudah. Hanya dengan memfoto produk lalu upload ke sosmed, kalian dapat menggunakan story Instagram dan status whatsapp sebagai perantara promosi. Agar lebih jelas sertakan informasi terkait produk, lalu tuliskan juga nomor hp kalian agar konsumen lebih mudah dalam memesan produk keripik kalian.

D. Kiat-Kiat Sukses Berbisnis Keripik Singkong

Agar lebih mantap lagi dalam berbisnis, berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam menekuni bisnis keripik singkong ini,

1. Berikan variasi rasa yang beragam. Agar konsumen dapat memilih banyak varian rasa sesuai dengan selera mereka.

2. Promosikan dengan gencar melalui banyak cara, seperti yang  dibahas tadi.

3. Tentukan target pasar yang jelas. Misalnya, jika menyasar ke anak sekolah, buatlah dengan packing yang kecil dan harga yang terjangkau di kantong pelajar.

4. Perluas pemasaran dengan merekrut reseller.

 

Lakukan bisnis ini secara baik dan teratur, dan jangan terlalu bernafsu dalam dalam melakukannya. Dalami lagi ilmu berbisnis kalian agar usaha dan bisnis berkembang.

Related Posts

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

5+ Cara Import Baju dari Bangkok dengan Mudah

5+ Cara Import Baju dari Bangkok dengan Mudah

Cara Bisnis Ayam Petelur yang Menguntungkan

Cara Bisnis Ayam Petelur yang Menguntungkan

Kemudahan yang Ditawarkan Saat Menggunakan Jasa Pembuatan Taman

Kemudahan yang Ditawarkan Saat Menggunakan Jasa Pembuatan Taman

admin1


Your Signature