• Home
  • |
  • 5 Strategi Marketing Digital dan Penjelasan Singkatnya

September 22, 2022

5 Strategi Marketing Digital dan Penjelasan Singkatnya

Ada banyak strategi marketing digital yang bisa kita terapkan untuk pemasaran yang lebih efektif. Media pemasaran digital meliputi jalur komunikasi yang sudah sering kita temui. Baik itu melewati jaringan internet ataupun berbagai jaringan lain, seperti televisi dan juga telepon.

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang mulai berkompetisi dalam memaksimalkan kampanye yang mereka lakukan di dunia digital. Ada beberapa dari mereka yang memakai jasa penulisan artikel SEO untuk memasarkan dan memperkenalkan produk melalui website.

 

Definisi dan Strategi Digital Marketing

strategi marketing digital

Digital marketing dalam bahasa Indonesia yaitu pemasaran digital. Dengan adanya strategi ini, kamu bisa mengenalkan dan menjual produk yang kamu hasilkan melalui berbagai macam jenis media digital.

Contoh dari digital marketing ini yaitu iklan yang kamu lihat di televisi, panggilan berupa pesan melalui whatsapp, atau bahkan iklan yang ada di website.

Selain itu, menurut dua orang ahli, yakni Rob Thompson dan Trendjacker, digital marketing merupakan pemakaian teknologi digital serta perangkat yang dibantu oleh koneksi internet supaya bisa mencapai target pemasaran.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa definisi digital marketing yaitu kegiatan pemasaran yang di dalamnya melibatkan pemakaian jaringan serta teknologi digital agar bisa mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan.

Saat ini, berbagai macam perusahaan mulai menggunakan sistem berbasis internet agar bisa menjangkau customer secara lebih luas. Salah satu pemicu pertumbuhan berbagai macam transaksi online dan platform e-commerce yaitu pengguna internet yang sudah mencapai 59,5% di seluruh dunia.

Terdapat beberapa macam strategi digital marketing yang dapat kamu terapkan sebagai cara dalam memasarkan produk kamu melalui media digital. Media yang sering kali dipakai untuk pemasaran digital ini umumnya melalui saluran komunikasi yang hampir kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa macam strategi digital marketing yang biasa dipakai, antara lain :

1. Search Engine Marketing (SEM)

Pemakaian mesin pencari seperti Google, Yahoo, Facebook, ataupun Bing dilibatkan dalam strategi digital marketing yang dinamakan Search Engine Marketing atau SEM. Strategi ini dibagi menjadi dua, yakni SEO dan PPC.

a. Search Engine Optimization (SEO)

SEO melakukan tugasnya dengan cara mengoptimasi konten digital marketing yang kamu buat supaya tetap bisa muncul di halaman pertama Google. Dengan menerapkan SEO pada konten kamu, kamu tidak perlu membayar ke penyedia iklan.

Biasanya, perusahaan memakai jasa pembuat artikel SEO agar konten tentang perusahaan dan produknya bisa muncul di halaman pertama Google.

b. Par-per-Click (PPC)

PPC dilakukan dengan cara melibatkan jasa penyedia iklan supaya konten digital marketing kamu bisa selalu ada di hasil paling atas pada keyword tertentu. Pastinya ini sangat berbeda dengan SEO yang tak melibatkan biaya jasa penyedia iklan.

2. Influencer atau Affiliate Marketing

Strategi digital marketing ini melibatkan pihak lain untuk membantu dalam memasarkan produk. Influencer marketing ini dilakukan dengan cara membayar jasa influencer yang ada di internet. Kemudian, influencer yang kamu bayar akan memasarkan produk kamu.

Affiliate marketing melibatkan mitra di dalamnya. Kamu perlu membayar komisi ke mitra tersebut jika mereka berhasil dalam memasarkan produk kamu.

3. Content Marketing

Strategi pemasaran ini melibatkan berbagai macam jenis konten, baik dengan cara membuat, memposting, ataupun mengelola konten. Pemakaian konten ini bertujuan untuk memikat customer agar membeli produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

4. Email Marketing

Cara melakukan strategi marketing yang satu ini yaitu dengan mengirimkan email kepada para pelanggan atau subscriber kamu. Poin utama dari cara ini yaitu tidak hanya sekedar mengirimkan email, namun bagaimana kamu bisa membuatnya menjadi semenarik mungkin supaya customer melakukan feedback yang kamu inginkan dengan baik.

5. Social Media Marketing

Strategi marketing ini dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, baik dengan cara mengoptimasi konten ataupun dengan cara membayar iklan di jejaring sosial. Sekarang ini, hampir seluruh platform media sosial bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi usaha.

Related Posts

Kegunaan IPAL Puskesmas Ini Sering Disepelekan

Kegunaan IPAL Puskesmas Ini Sering Disepelekan

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

Ide Bisnis Startup yang Menjanjikan

Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Analisa Usaha Keripik Singkong yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

5+ Cara Import Baju dari Bangkok dengan Mudah

5+ Cara Import Baju dari Bangkok dengan Mudah

admin1


Your Signature